Pakaian kegiatan Sumpah Profesi & Seminar : Batik HAKLI atau batik berwarna hijau kuning

Nyamuk Raksasa

Setelah membaca berita di Vivanews (http://nasional.vivanews.com/news/read/281083-serangga-misterius-hebohkan-warga-polewali) tentang serangga “aneh” dan misterius seperti terlihat pada gambar di bawah ini, dan kemunculan “nyamuk raksasa” tersebut menyebabkan kehebohan di kalangan masyarakat.Bahkan beberapa orang menyatakan bahwa serangga tersebut adalah nyamuk terbesar di Indonesia. Benarkah demikian?

Nyamuk raksasa yang misterius
Setelah saya perhatikan pada foto yang menyertai berita tersebut, saya mengenali serangga tersebut sebagai Nyamuk Berkaki Panjang, atau dalam bahasa Inggris disebut Daddy-Long-Legs, atau Crane Fly yang tergolong serangga bersayap dua (Diptera) dan dimasukkan ke dalam famili Tipulidae. Hingga saat ini, spesies nyamuk berkaki panjang yang sudah berhasil dikenali (diidentifikasi) mencapai 15.000 di seluruh dunia. Cukup banyak ya…


Tipula oropezoides Tom Murray 2006 bugguide net
Di Indonesia, serangga ini cukup banyak dijumpai. Di daerah saya, Daerah Istimewa Yogyakarta, serangga ini cukup sering dijumpai. Namun, entah, apakah serangga ini memang belum pernah ditemukan di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, sumber berita menghebohkan tersebut. Dan di belahan dunia lainpun, serangga ini cukup dikenal.

Nephrotoma apendiculata (en.wikipedia.org)
Morfologi serangga ini unik. Sepintas mirip nyamuk, namun dengan ukuran yang jauh lebih besar: di daerah beriklim sedang, “nyamuk” ini dapat mencapai panjang dua sampai 60 mm, namun di daerah tropika, ukuran beberapa spesiesnya mampu mencapai 100 mm. Alat mulutnya berbeda sama sekali dengan nyamuk (ingat, nyamuk memiliki “jarum” untuk menyedot darah manusia). Tidak seperti nyamuk pada umumnya, sayap nyamuk raksasa ini tidak dapat tertangkup di atas tubuhnya. Jadi sepintas mirip pesawat, dengan sayapnya terbentang ke samping.

Alat mulut Tipula (en.wikipedia.org)
Serangga dewasanya adalah peminum  nektar, dan beberapa spesies yang lain bahkan tidak makan sama sekali. Sementara larva sebagian besar nyamuk ini berperan sebagai pengurai, beberapa adalah hama pada rerumputan (turf-grass), dan sebagian kecil menjadi pemangsa larva nyamuk. Larva menyukai lingkungan yang lembab.

Larva Tipula yang dianggap sebagai hama (en.wikipedia.org)
Jadi, serangga ini adalah nyamuk atau lalat berkaki panjang dan berukuran raksasa. Bukan serangga misterius.

Sumber : http://ilmuserangga.wordpress.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel