Pakaian kegiatan Sumpah Profesi & Seminar : Batik HAKLI atau batik berwarna hijau kuning

Tidur sehat dalam gelap

Disiplin waktu tidur
Cobalah untuk mempunyai waktu tidur yang teratur setiap harinya, termasuk hari libur.
Contohnya, tidur yang cukup adalah 7-8 jam sehari. Jika teman-teman tidak sempat atau tidak terbiasa tidur siang, maka tidur malam hari sebaiknya 7-8 jam.
Kita memasang waktu tidur kita setiap harinya dari jam 22.00 - 05.00. Yang menjadi persoalan biasanya bangun paginya pasti kelewatan, hehe. Coba pasang alarm dan saat berbunyi paksakan bangun. Lalu kita bisa melakukan aktivitas sehingga kita menjadi segar.
Lama - kelamaan kita memiliki jam biologis untuk waktu tidur kita. Mata kita akan mulai mengantuk pada pukul 22.00 dan tubuh kita akan otomatis bangun pada pukul 05.00.
Perencanaan kegitan pun menjadi lebih mudah dan pastinya badan kita akan lebih segar dari hari ke hari karena tubuh kita sudah terbiasa dan tidur kita cukup.
Kurang tidur tidak baik untuk kesehatan. Pada saat tidur, organ-organ tubuh bagian dalam melakukan fungsinya untuk menjaga kesehatan tubuh dan beristirahat, seperti hati yang bekerja menetralisir racun, dan mata dan otak yang beristirahat dan menyimpan memori.
Terlalu lama tidur mengakibatkan badan pegal-pegal, lemas, tidak enak, malas.
Tidur yang cukup, walaupun bangun dengan paksaan, akan lebih menyegarkan badan untuk beraktivitas

Olah raga secara teratur
Tidak perlu memaksakan untuk olahraga terus menerus sehingga kondisi badan kita drop. Cukup dengan kita tiap pagi untuk membiasakan lari pagi atau tidak pada saat sore hari, demi menjaga kesehatan dan kebugaran badan kita dan perhatikan juga istirahat yang cukup. Jika cara tersebut sering kita lakukan, maka badan kita akan terus tetap fit atau tetap sehat.

Kualitas bukan kuantitas
Apabila kita terbangun dari tidur dan sudah tidak ngantuk, jangan memaksakan untuk tidur kembali karena langit masih gelap atau tidak ada kerjaan. Bukan banyaknya waktu kita tidur yang penting, walaupun juga jangan sampai kurang tidur, tetapi kualitas tidur kita yang penting.

Jangan terlalu lapar / terlalu kenyang
Semaksimal mungkin kamu harus bisa menghindari tidur karena kelelahan dan bukan pada jam tidur kamu. Jangan tidur dalam keadaan lapar atau malah kekenyangan. Hindarilah makanan yang mengandung kacang-kacangan atau buah-buahan yang mengandung gas seperti durian. Hindari juga ngemil dengan kandungan lemak tinggi karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Kalau lagi diet, jangan pernah tidur dalam keadaan lapar. Lebih baik makanlah buah-buahan rendah kalori seperti pisang atau apel. Oia, jangan lupa doa dulu ya sebelum tidur. :)

Insomnia
Insomnia adalah kesukaran dalam memulai atau mempertahankan tidur. Biasanya disebabkan oleh gangguan di dalam waktu dan mekanisme tidur, hal ini biasanya diperberat dengan perilaku yang tidak sehat, seperti tidak teratur jam tidur, seringnya bergadang dan penggunaan kafein.
Tips mengatasinya :

Hindari nikotin, alkohol dan kafein
Rokok, seperti halnya alkohol dan kafein akan mengganggu kualitas tidur Anda. Teh, soda, cokelat termasuk dalam daftar makanan yang mengandung kafein. Selain itu, beberapa jenis obat juga mengandung zat yang membuat sistem tubuh lebih aktif, sehingga Anda akan sulit tertidur.

Pilah-pilih camilan sebelum waktu tidur
Kombinasi karbohidrat yang mengandung tryptophan, misalnya semangkuk sereal dengan susu non lemak, akan membuat kita tidur lebih nyenyak, ketimbang hanya mengonsumsi satu jenis makanan saja. Karbohidrat akan membantu melepaskan zat-zat kimia dalam darah yang menyebabkan gangguan tidur, dan akan menyampaikan sinyal ke otak bahwa tubuh Anda sudah siap istirahat.

Makan buah cherry
Di malam hari, cobalah makan beberapa buah cherry. Para pakar menemukan bahwa selai buah cherry memiliki fungsi yang sama dengan melatonin, hormon yang dilepaskan oleh tubuh kita yang akan menjaga pola tidur.

Makan malam seafood
Makan malam dengan hidangan laut, seperti ikan, bisa membuat tidur tambah nyenyak. Ikan cod, tuna, kakap, halibut, dan udang, mengandungtryptophan yang sangat baik untuk membantu Anda tidur pulas. Jumlahnya sebanding dengan kalkun.

Hindari konsumsi cabai
Jauh-jauhlah dari cabai kalau ingin cepat tidur. Sebab makan makanan pedas sebelum tidur bisa menaikkan suhu tubuh dan mencegah Anda tertidur, dan juga meningkatkan detak jantung.

Jangan mengkonsumsi MSG
Makanan China, sayur kalengan, sup, dan makanan cepat saji lainnya, terkenal menggunakan banyak penyedap (MSG). MSG bisa menyebabkan sakit kepala dan insomnia untuk sebagian besar orang. Cek dulu label kemasan pada makanan kalengan jika Anda mengkonsumsinya pada malam hari.

Aroma lemon mint
Tambahkan aroma mint dan lemon dalam minuman atau makanan Anda. Mint dan lemon punya zat yang mampu melegakan pernafasan.

tips lain sama seperti tips untuk tidur secara umum di bawah :)

Waktu tidur di malam hari
Berikut adalah jadwal kerja organ tubuh :
LIMPA

Jam 21.00 - 23.00
Jam piket organ limpa lemah, terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa. Sebaiknya istirahat sambil mendengarkan musik yang menenangkan jiwa, untuk meningkatkan imunitas.

JANTUNG
Jam 23.00 - 01.00
Jam piket organ jantung lemah. Sebaiknya sudah beristirahat tidur, apabila masih terus bekerja atau begadang dapat melemahkan fungsi jantung.

HATI
Jam 01.00 - 03.00
Jam piket organ hati kuat. Terjadi proses pembuangan racun/limbah hasil metabolisme tubuh. Apabila ada gangguan fungsi hati tercermin pada kotoran dan gangguan mata. Apabila ada luka dalam akan terasa nyeri.

PARU-PARU
Jam 03.00 - 05.00
Jam piket organ paru-paru kuat, terjadi proses pembuangan limbah/racun pada organ paru-paru, apabila terjadi batuk,bersin-bersin dan berkeringat menandakan adanya gangguan fungsi paru-paru. Sebaiknya digunakan untuk olah nafas untuk mendapatkan energi paru yang sehat dan kuat.

kira-kira untuk tidur malam sekitar inilah waktu yang tepat

Tips untuk tidur
Untuk yang ingin tidur pada jam-jam tertentu, misalnya pukul 22.00, tetapi tidak bisa, coba untuk membuat suasana yang nyaman pada kamar tidur anda.


1. Kamar yang rapi dan bersih
2. Gunakan lagu yang menenangkan dan lembut, seperti instrumentalia dan lagu classic, atau lagu apa saja :)
3. Perbanyak aktivitas di siang hari
4. Relaxkan pikiran, jangan berpikir yang menguras otak, pikirkan yang indah-indah :)
5. Mandi dengan air panas 1 jam sebelum
6. Minum susu panas
7. Gunakan aroma terapi
8. Membaca buku yang ringan, jangan cerita yang memberatkan pikiran
9. Menulis Diary, menumpahkan pikiran sehingga otak menjadi lebih relax

silahkan dicoba

Melatonin
Melatonin merupakan hormon dalam setiap organisme dengan tingkat berbeda tergantung siklus hidup dan paparan cahaya pada tubuh. Melatonin diproduksi oleh kelenjar pineal di otak manusia. Hormon ini membantu kita mengetahui kapan saatnya tidur dan bangun dan berperan dalam menjaga ritme jantung.

Cahaya memengaruhi seberapa banyak melatonin diproduksi tubuh. Melatonin biasanya dikeluarkan di saat gelap dan menginstruksikan tubuh untuk segera tidur. Tubuh remaja dan orang dewasa memproduksi 5-25 mikrogram melatonin tiap malam. Kadar ini akan menurun seiring bertambahnya usia. Tak heran bila banyak lansia (lanjut usia) yang mengalami gangguan sulit tidur.

Kita bisa mendapatkan melatonin dari makanan seperti pisang, tomat, jahe, oat, biji bunga matahari, almond, ceri, dan yoghurt. Suplemen melatonin pun sudah banyak diproduksi. Pengkonsumsian suplemen ini sebaiknya dimulai dari dosis kecil. Suplemen ini bisa dikonsumsi 30 menit sebelum tidur, karena daya kerjanya cepat.

Dalam berbagai penelitian lain disebutkan melatonin mampu mencegah kanker, penyakit jantung, menurunnya fungsi otak, anti penuaan, dan menambah kekebalan tubuh. Meski begitu, para wanita yang sedang menjalani terapi sulih hormon estrogen tidak dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen ini tanpa pengawasan dokter. Demikian juga wanita hamil. Para wanita yang merencanakan kehamilan pun dilarang mengonsumsinya.

Dalam penelitian pada hewan, melatonin dapat menegangkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan tekanan darah. Karena itu mereka yang hipertensi dan mengalami gangguan kardiovaskular diharap konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsinya. Melatonin juga tidak dianjurkan bagi pasien limfoma dan leukimia, juga anak-anak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel