Pakaian kegiatan Sumpah Profesi & Seminar : Batik HAKLI atau batik berwarna hijau kuning

Pencanangan hari waspada cacing

Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Johnson & Johnson sebagai produsen obat cacing menyelenggarakan pencanangan Hari Waspada Cacing pada Jum’at (23/7/2010) di Gelanggang Samudra Ancol, Jakarta Utara. Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan & PPM Kementerian Kesehatan dr. Hartati Samsudin, MQIH dalam sambutannya mengatakan berdasarkan hasil survey, saat ini anak Indonesia yang menderita penyakit kecacingan angkanya rata-rata berada di kisaran 30%.

Hal ini perlu menjadi perhatian dan kerja keras dari semua pihak karena kecacingan selain dapat menyebabkan penyakit infeksi dan masalah pencernaan, juga bisa membuat anak-anak menjadi lesu dan tidak bersemangat sehingga prestasinya pun menurun.

“Untuk mengendalikan dan memberantas semua penyakit (termasuk kecacingan) yang penting adalah kemitraan, kerjasama antara pemerintah, swasta dan masyarakat yang bisa mandiri menjaga kesehatannya”, ujar dr. Hartati.

Perwakilan dari Johnson & Johnson Maudina Vitriana menambahkan, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya orang tua dan anak serta pendidik terhadap ancaman bahaya penyakit infeksi karena cacing sehingga ancaman infeksi penyakit cacing dapat dihindari atau berkurang secara maksimal.

Pada acara yang diikuti oleh ribuan anak-anak dari berbagai Sekolah Dasar di DKI Jakarta ini dilakukan juga penandatanganan komitmen antara Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, serta Johnson & Johnson dalam upaya pengendalian dan pemberantasan penyakit Kecacingan. Selain itu diluncurkan juga program 3J, yaitu; 1) Jaga Kebersihan Diri, 2) Jaga Kebersihan Makanan, dan 3) Jaga Kebersihan Lingkungan.

Hadir dalam acara ini dr. Dhani Hendarman Supandji Koordinator Indonesia Sehat SIKIB, Dra. Septi Novida, Kepala Bidang TK/SD/PLB Dinas Pendidikan DKI Jakata, perwakilan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, serta Kepala Sekolah & Guru SD, dan orangtua murid yang diundang.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-52907416-9, faks: 52921669, Call Center: 021-500567, 30413700, atau alamat e-mail; puskom.publik@yahoo.co.idThis e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it , info@depkes.go.idThis e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it , kontak@depkes.go.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel